6 Tips Menumbuhkan dan Merawat Rumput

6 Tips Menumbuhkan dan Merawat Rumput

Bila kita termasuk orang yang terus menerus bergelut dengan nakalnya gulma dan coklatnya rumput di halaman rumah maka sebagai pemilik rumah hal itu akan berlangsung bertahun – tahun dan dirugikan karena rumput yang tidak kunjung hijau dan subur. Karena perawatan rumput agar tetap hijau bila sudah terkena hama atau gulma maka penanganannya akan memakan begitu banyak biaya tanpa kita sadari. Berikut terdapat 6 tips mudah untuk membantu kita menumbuhkan rumput yang hijau dan sehat :

1. Timing Dalam Penyiraman
Penyiraman halaman rumah kita bermasalah pada timing atau penentuan waktu. Jika kita menyiram rumput pada sore hari maka matahari akan membuat air menguap sebagian besar habis sebelum dapat mencapai akar tanaman kita. Jika kita menyiram rumput di malam hari maka air mungkin tidak sampai habis menguap dibanding pisau rumput yang cukup cepat untuk memotong rumput. Namun hal ini dapat menyebabkan jamur dan busuknya rumput karena suhu dingin pada malam hari. Waktu terbaik untuk menyiram rumput adalah di pagi hari. Pada waktu ketika tidak banyak terdapat hembusan angin. Ini akan membuat rumput kita menyerap air sebanyak mungkin sehingga kita bisa mendapatkan rumput yang hijau tanpa menggunakan air yang terlalu banyak. Kebanyakan rumput harus disiram 2 sampai 3 kali per minggu. Bila terpaksa maka kita harus mematikan sistem sprinkler di alat pemancar air otomatis. Meskipun tergantung di mana tempat kita bertempat tinggal jika area tersebut memiliki curah hujan yang tinggi. Rumput kita bisa rusak hanya karena terlalu banyak air saat disirami atau bahkan terlalu sedikit air maka timing perlu diperhatikan dalam pengaturan kadar air rumput.

2. Gunakan Mulsa

Mulsa adalah bahan yang berguna dan dapat sangat bermanfaat bagi tanaman pohon dan kebun. Mulsa terbuat dari bahan organik seperti kompos, potongan rumput, kayu, atau daun. Sebarlah lapisan itu sekitar pohon, semak-semak dan bunga. Hal ini dapat membantu untuk mengendalikan gulma, menjaga kelembaban tanah dan bahkan mempertahankan suhu tanah. Yakni secara bertahap lapisan tanah akan terurai dan juga akan memberikan nutrisi penting untuk tanah dan tanaman kita.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di alam dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s