Cara Menanam Kurma

cara menanam kurma

Kurma, buah khas timur tengah dengan rasa manis dan legit yang menggoda lidah. Sayangnya buah ini sangat susah ditumbuhkan diluar dataran timur tengah. Musim tanam kurma dimulai di awal tahun ketika pohon – pohon dibersihkan setelah akhir periode dormansi. Pada tahap itu, mulai duri mulai dipotong dari daun. Segala sesuatu yang tumbuh di padang pasir melindungi dirinya dengan menyengat, menggigit atau menusuk dengan duri.

Dan pohon – pohon kurma tidak jauh berbeda. Mereka memiliki duri sekitar 3 sampai 5 inci panjangnya dan dapat dengan mudah menembus ban truk sekalipun. Jadi hal pertama yang dilakukan petani kurma di timur tengah adalah pemotongan duri pohon kurma terlebih dahulu. Nah setelah intermezo diatas, penasaran kan bagaimana bercocok tanam atau menanam buah kurma, yuk cus kita simak beberapa langkahnya di bawah ini :

1. Pembuahan Kurma
Kurma termasuk tanaman unik dalam artian mereka terdiri dari tanaman laki-laki atau perempuan. Pohon – pohon jantan menghasilkan serbuk sari dan pohon – pohon betina menghasilkan bunga. Sayangnya tidak akan ada burung atau lebah yang tertarik pada bunganya,sehingga pohon perempuan harus tangan untuk melakukan penyerbukan. Selama akhir awal tahun di timur tengah kita bisa melihat selubung di pohon – pohon kurma berjenis laki – laki mulai membelah terbuka. Petani kurma disana memeriksa setiap pohon setiap hari. Begitu selubung di pohon jantan mulai membuka, pohon itu akan diikat dengan tali untuk mengikatnya bersama – sama dan dibuang dari pohon.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di alam dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s