Cara Mudah Menanam Coklat Kakao

cara mudah menanam coklat kakao

Coklat yang biasa Anda nikmati itu sebenarnya mudah untuk ditanam. Bisa Anda gunakan sesuka hati dan gratis pula. Penasaran bagaimana cara bercocok tanam coklat atau kakao? Yuk cus kita simak beberapa langkah menanam coklat atau kakao berikut ini:

1. Menanam Pohon Coklat Kakao
Tanaman kakao termasuk tanaman yang tidak umum ditanam oleh orang biasa. Namun penanaman yang tepat adalah salah satu langkah yang paling penting dalam sukses membangun dan menumbuhkan pohon coklat produktif yang kuat. Langkah pertama adalah memilih pembibitan pohon yang sehat. Pembibitan pohon kakao dapat tumbuh dari 1 sampai 4 galon atau sekitar 4 sampai 12 liter kontainer dan pohon – pohon tersebut bisa tumbuh 0,5 sampai 1 meter dari tanah. Pohon – pohon yang tumbu besar di wadah yang lebih kecil harus dihindari karena sistem akar mungkin akan cenderung menjadi akar yang terikat. Ini berarti semua ruang yang tersedia dalam wadah telah diisi dengan akar yang tumbuh di sepanjang tepi wadah dalam mode melingkar. Akar terikat adalah sistem akar yang tidak dapat tumbuh dengan baik sekali ditanam di dalam tanah. Periksa pohon untuk menangani hama serangga dan penyakit sekaligus periksa batang pohon yang luka dan berubah warna. Pilih pohon yang sehat dan beri air secara teratur dalam persiapan untuk penanaman di tanah.

2. Varietas Pohon Coklat Kakao
Ada dua jenis tanaman yang berbeda dari cocoa, jenis Forastero Amazon dan Criollo. Jenis criollo identik dengan Amerika Tengah dan memiliki bentuk panjang dengan polong sempit dan kulit merah atau hijau dengan alur – alur longitudinal. Jenis Forastero identik dengan Panama Selatan dan memiliki polong berbentuk bulat telur dengan sedikit panjang namun dangkal disertai dengan jalur sempit. Kedua jenis coklat kakao tersebut telah menyeberang ke Trinidad membentuk hibrida baru yang disebut Trinitario. Jenis Trinitario telah terkombinasi dari karakteristik antara jenis Forestero dan Criollo. Banyak jenis coklat kakao yang tidak bisa mengatur penyerbukan sendiri dari buah atau dari varietas tertentu lainnya.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di alam dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s