Cara Mudah Menanam Jeruk Nipis

cara mudah menanam jeruk nipis

Buah jeruk nipis telah menjadi salah satu ikon penting dalam dunia kuliner kita, asal Anda tahu, jeruk nipis atau lime mendarah daging dalam berbagai kuliner di negara kita. Mulai penggunaanya sebagai bahan minuman (bersaing dengan teh) di warung – warung, hingga sebagai syarat kecil tapi penting untuk makanan seperti soto, siomay, batagor, bakso dan sebagainya. Daunnya pun sering digunakan sebagai pewangi masakan dan bahan makanan juga.

Hal – hal tersebutlah yang mendorong banyak petani atau tukang kebun rumahan untuk menanam pohon jeruk purut, jeruk limau atau jeruk nipis mereka sendiri di kebun mereka. Jika Anda tinggal di daerah di mana pohon jeruk nipis dapat tumbuh di luar ruangan sepanjang tahun atau jika Anda harus menumbuhkan pohon jeruk dalam sebuah wadah maka pohon – pohon jeruk tersebut akan sangat bermanfaat bagi Anda. Yuk cus kita simak beberapa langkah menanam jeruk nipis atau jeruk purut yang bermanfaat berikut ini :

1. Cara Menanam Pohon Jeruk Nipis
Banyak orang memilih untuk membeli pohon jeruk dari pembibitan lokal daripada menumbuhkan mereka dari biji padahal faktanya, jeruk nipis atau jeruk purut sangat mudah tumbuh dari biji. Setelah Anda membeli pohon jeruk muda yang tepat, Anda masih harus melakukan beberapa langkah untuk menanamnya. Langkah – langkah untuk cara menanam pohon jeruk nipis hampir sama seperti saat Anda berencana untuk menanam di tanah atau dalam sebuah wadah. Pertama, ketika menanam pohon jeruk nipis, pastikan bahwa di mana pohon jeruk Anda akan ditanam akan menerima banyak paparan sinar matahari.

Jika memungkinkan, pilih lokasi yang mendapat sinar matahari dari arah selatan. Kedua, pastikan drainase berjalan dengan sangat baik. Jika Anda memperhatikan, masih ada tips dalam menanam pohon jeruk nipis lainnya, Anda harus memperhatikan yang satu ini. Menumbuhkan pohon jeruk Anda dengan zat kapur di tanah yang tidak memiliki drainase yang sangat baik akan membunuh pohon jeruk Anda. Ubah tanah dengan memperbaiki sistem drainase dan pastikan bahwa pohon jeruk Anda tidak akan pernah mengalami genangan air.

Jika penanaman dilakukan di tanah, pastikan tanah di sekitar pohon sedikit lebih tinggi dari tanah di luar lubang tanam untuk mencegah penyatuan air di sekitar pohon. Ketiga, ketika penimbunan tanah di lubang atau wadah, pastikan agar tanah tetap terkumpul di sekitar area akar. Jika ada kantong udara tercipta maka pohon itu akan mati. Padatkan tanah terus menerus atau alirkan air kedalam tanah setiap beberapa inci saat Anda melakukan pengurukan.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di alam dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s