Cara Mudah Menanam Lobak

cara mudah menanam lobak

Lobak termasuk tanaman keras. Ia tergolong sayuran yang dengan suhu dingin dapat menghasilkan banyak tanaman setiap musim karena perubahan hari yang cepat hingga panen. Di negara dengan 4 musim, lobak dapat ditanam dengan baik di musim semi dan musim gugur, tetapi penumbuhannya justru ditunda saat melalu cuaca yang panas. Lobak adalah sayuran yang sangat mudah untuk ditumbuhkan. Yuk cus kita simak beberapa langkah penanaman lobak berikut ini :

1. Penanaman Sayuran Lobak
Tanaman ini memang bisa tumbuh normal di cuaca hangat namun bisa lebih prima lagi pertumbuhannya di daerah dengan suhu yang rendah atau dingin, karena bagi tanaman sayuran lobak, pupuk kandang atau pupuk organik akan bekerja lebih optimal di dalam tanah dengan suhu rendah. Sebar benih secara langsung seluas setengah inci untuk kedalaman satu inci dan dengan jarak satu inci terpisah dalam baris tanam terpisah sejauh 10 inci.

Jarak minimal tiap tanaman adalah 3 inci. Sebab tanaman sayuran lobak yang tumbuh terlalu berdempet tidak akan tumbuh dengan baik karena perebutan nutrisi dari tanah satu sama lain. Lobak perlu waktu tertentu untuk berjemur cahaya sinar matahari. Jika mereka ditanam di daerah yang terlalu banyak naungan atau di posisi dimana tanaman sayuran lain menutupi mereka dari cahaya matahari, tanaman lobak tersebut harus bekerja keras menempatkan semua energi mereka ke dalam daun yang lebih besar untuk memproduksi sayuran.

2. Rotasi Lokasi Tanam Sayuran Lobak.
Hendaknya, lokasi tanam tanaman sayuran lobak di rotasi tiap 2 tahun untuk menghindari kejenuhan tanah terhadap sayuran. Kejenuhan tanah maksudnya adalah tanah tempat sayuran ditanam sudah tidak prima lagi akibat dengan adanya tanaman disitu, muncul juga penyakit atau hama yang tidak mungkin hilang begitu saja walaupun dilakukan pembersihan dalam kurun waktu tertentu.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di alam dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s