Cara Mudah Menanam Buah Sukun

cara mudah menanam buah sukun

Buah sukun lebih dikenal luas sebagai salah satu varian gorengan, mendampingi aneka gorengan lainnya, padahal buah sukun dengan rasanya yang mirip durian bisa dimanfaatkan ke berbagai olahan mulai dari bahan ice cream sampai produk kemasan seperti keripik misalnya. Namun hal ini masih terbilang jarang, ia kalah bersaing dengan durian. Nah penasaran bagaimana cara bercocok tanam buah sukun? Yuk cus kita simak beberapa langkahnya berikut ini :

1. Persiapan Sebelum Menanam Tanaman Sukun
Tanaman perlu dipersiapkan dalam pengaturan pembibitan selama 2 sampai 5 bulan sampai mereka cukup besar untuk kemudian dapat ditanam di tanah. Tanaman harus disimpan sedalam 50 persen tubuhnya untuk dinaungi 1 bulan pertama. Setelah 1 bulan, akar harus sudah berkembang ke tepian wadah tanam dan pohon sudah bisa mentolerir peningkatan sinar matahari, mereka kemudian dapat dialihkan ke sinar matahari langsung lebih intens.

2. Penyiraman Tanaman Sukun
Setelah ditanam, pohon sukun membutuhkan penyiraman secara teratur dan menyeluruh selama periode pendirian tanaman mereka, yang umumnya mencapai lima bulan sampai satu tahun. Air tambahan mungkin diperlukan, terutama dalam beberapa tahun pertama setelah tanam jika musim kemarau sangat panjang atau tanaman menunjukkan gejala stres seperti perontokan daun. Sebelum menanam pohon di tanah, pohon harus disiram di pagi hari dan diperiksa lagi pada sore hari untuk memastikan tanah tidak terlalu kering. Jika selama pemeriksaan di sore hari tanah benar – benar kering, sirami tanaman lagi di sore hari itu juga.

Jika tanaman tidak layu dan tidak tampak menderita dan stres karena air, tunggu pengairan sampai keesokan harinya. Penyiraman yang baik akan menunjukkan bahwa tanaman tidak harus memiliki daun yang basah karena hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan organisme penyakit. Kegagalan penanaman buah sukun yang paling sering adalah karena tanaman yang masih muda mengering. Tanaman harus diperiksa setiap hari. Jauh lebih mudah untuk melihat potensi masalah jika Anda melihat tanaman secara teratur daripada memiliki masalah yang lebih besar dikemudian hari dan sulit untuk diperbaiki.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di alam dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s