Cara Mudah Menanam Nangka

cara mudah menanam nangka

Nangka, buah kenyal berwarna kuning yang bisa disantap sebagai buah biasa dan juga bahan utama sop khas pulau Jawa yaitu sop “Jangan Tewel” (kata “Jangan” disini bukan bahasa Indonesia, tapi bahasa jawa yang artinya semacam sop). Nangka berasala dari keluarga tanaman Moraceae dan masih terkait dengan keluarga buah sukun, pohon – pohon nangka yang tumbuh sehat dapat mencapai ketinggian 70 kaki atau 10 meter bahkan lebih, dengan batang lurus bercabang dari dasar tanaman. Pohon nangka dibudidayakan di banyak negara dengan berbagai kondisi iklim dan cuaca mulai dari negara – negara di benua Afrika hingga Asia, yuk cus kita simak beberapa langkah bercocok tanam nangka berikut ini :

1. Cara Menanam Pohon Nangka
Lokasi penanaman nangka paling ideal sebenarnya berada di daerah tropis yang lembab dengan suhu hangat berkisar 25 derajat celcius sampai 29 derajat celcius. Menanam pohon nangka, suhu sangatlah penting, pohon nangka sangat sensitif terhadap embun atau suhu dingin dan tidak bisa mentolerir area yang kekeringan berkepanjangan. Mereka dapat berkembang dengan baik di tanah yang kaya nutrisi, tanah dengan kedalaman akar yang cukup.

Pohon nangka menyukai sumber konstan kelembaban meskipun mereka tidak bisa mentolerir akar yang basah dan akan berhenti menghasilkan buah atau bahkan mati jika tumbuh di tanah dan akar yang terlalu basah. Ketinggian lebih dari 3.000 kaki di atas permukaan laut akan merugikan dari segi penanaman pohon nangka karena di daerah setinggi itu, akan rawan terkena hempasan angin kencang atau sejenisnya.

2. Benih Pohon Nangka
Pertumbuhan buah nangka biasanya bisa dimulai melalui biji. Biji nangka yang memiliki umur penyimpanan yang pendek sekitar satu bulan (1 bulan setelah dikeluarkan dari buah). Perkecambahan tanaman biji nangka akan memakan waktu dua sampai sembilan minggu tetapi dapat dipercepat dengan cara merendam benih dalam air selama sehari penuh. Setelah pohon nangka yang mulai meninggi menumbuhkan sekitar lima lembar daun, mereka dapat ditransplantasikan saat itu juga meskipun akar tunggang yang panjang dan ekstra halus dapat membuat transplantasi sedikit sulit.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di alam dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s