Cara Mudah Menanam Kacang Tanah

cara mudah menanam kacang tanah

Berlawanan dengan kepercayaan populer kita, sebenarnya kacang tanah bukanlah kacang. Mungkin terdengar aneh bagi Anda, kok kacang tanah bukan kacang. Nah sebenarnya kacang tanah merupakan sayuran yang termasuk dalam keluarga kacang – kacangan yang meliputi kacang polong dan kacang – kacangan (kacang dalam sayur misalkan kacang dalam buncis). Kacang tanah adalah sayuran asli dari dataran tropis di Amerika Selatan. Kacang tanah membutuhkan waktu sekitar empat bulan untuk dewasa. Tapi untungnya mereka dapat menahan sinar cahaya matahari di berbagai musim. Penggunaannya pun beragam mulai dari bahan saus sate, gado – gado, dressing salad, lapisan aneka snack, selai, cemilan dan lain – lain. Nah karena manfaatnya yang begitu banyak, tidak ada salahnya untuk menanamnya di halaman rumah Anda atau di kebun. Yuk cus kita simak beberapa langkah dalam bercocok tanam kacang tanah berikut ini :

1. Penanaman Kacang Tanah
Kacang membutuhkan sinar matahari secara penuh. Jika Anda memiliki tanah yang berat, pastikan sistem drainase yang baik dengan bekerja di bahan organik yang cukup untuk membuat tanahnya longgar dan gembur. Biji kacang berasal dari cangkang mereka dan dapat ditanam, dikuliti atau dibuat bahan gabah. Jika Anda tidak membuka cangkang kacang tanah, jangan merenggangkan kacang tanahnya, yaitu biji berwarna cokelat merah muda yang menjadi penutup kacang atau benih tidak akan bisa atau sulit berkecambah. Tanam biji kacang tanah sedalam satu inci, tempatkan di tempat dengan sinar matahari yang cerah dan berikan air secara rutin.

Transplantasi bibit ke kebun ketika tanah mulai hangat. Beri ruang transplantasi sejauh 8 inci terpisah, berhati – hatilah agar tidak merusak atau mengubur mahkota tanaman. Beri biji kacang tanah ruang berjaran satu sampai dua inci dan lima inci terpisah dalam baris tanam yang sedikit rapat. Buat parit kecil untuk air mudah mencapai akar tanaman. Jangan lupa beri jarak antar tanaman untuk tumbuh dan tidak berebut nutrisi tanah.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di alam dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s