Cara Mudah Menanam Serai

cara mudah menanam serai

Serai atau sereh, siapa lagi yang tidak mengenal salah satu raja bumbu dapur ini. Seolah masakan apapun akan berubah lebih lezat bila ditambahkan serai didalamnya. Tidak hanya kuliner, serai bermanfaat juga di dunia pengobatan tradisional. Serai sangat khas dengan masakan di awasan Asia. Karena sifat tropisnya, serai biasanya hanya tumbuh maksimal di daerah beriklim hangat. Di luar itu, serai lebih sering ditanam di pot atau rumah kaca. Yuk cus kita simak beberapa langkah dalam bercocok tanam serai di bawah ini :

1. Tanah, Penanaman dan Perawatan
Serai tumbuh subur di bawah paparan sinar matahari secara penuh, bahkan di lokasi yang panas sekalipun. Berikan serai lokasi tanah yang kaya nutrisi, tanah dengan kondisi yang baik serta kering. Tanam lubang dengan pupuk kompos atau limbah daun untuk meningkatkan kesuburan dan meningkatkan kemampuan tanah untuk menahan air. Jika Anda menanam tanaman serai di tanah beri tanaman ruang berjarak kurang lebih 20 inci terpisah. Sediakan pasokan air yang cukup untuk pertumbuhan yang baik. Jangan biarkan akar serai mengering.

Suburkan tanaman selama musim tanam setiap dua minggu sekali dengan pakan tanaman yang cair atau emulsi ikan. Untuk penanaman dalam wadah, tanam serai dalam wadah besar yang setidaknya selebar lima belas inci atau gunakan ember. Pastikan untuk menggunakan pot tanah dengan kualitas yang baik saat menumbuhkan serai. Serai dapat tumbuh tinggi dan pot atau wadah dapat dengan mudah terbalik dalam cuaca yang berangin, tempatkan wadah di lokasi yang sedikit terlindung.

Di daerah yang dingin, atasi cuaca dingin dengan memindah serai ke dalam ruangan dengan menggali beberapa batang. Pangkas serai beberapa inci dan tanam mereka dalam pot kecil. Setelah menempatkan mereka dalam ruangan, arahkan menghadap ke selatan. Jaga tanah agar tidak terlalu lembab, tanaman serai tumbuh sangat lambat selama cuaca dingin.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di alam dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s