Cara Mudah Menanam Wortel

cara mudah menanam wortel

Walaupun secara umum wortel berwarna oranye, ada juga wortel yang berwarna putih, kuning, ungu atau bahkan merah. Daripada warna, lebih penting untuk memilih ukuran akar yang tepat dan bentuk wortel yang sesuai dengan tanah Anda. Ukuran wortel dan bentuknya bervariasi menurut jenisnya. Yuk cus kita simak beberapa langkah dalam bercocok tanam wortel berikut ini :

1. Tanam, Tanah dan Irigasi Tanaman Wortel
Untuk menghasilkan tanaman wortel yang baik, gali daerah tanam atau bangun tempat tanam yang sedikit bergelombang. Tanah longgar yang bebas dari bebatuan. Jika Anda memiliki tanah yang berat, tambahkan banyak kompos pada tanah. Kebanyakan, kultivar mengambil waktu satu bulan sampai tiga bulan untuk dewasa. Dalam barisan tanah tanam, masukkan sekitar enam inci bibit wortel. Mereka akan membutuhkan waktu satu minggu sampai 1 bulan untuk tumbuh. Bibit wortel berkecambah lebih lambat di suhu dingin daripada di suhu hangat.

Tambahkan kompos, campuran pasir sedikit pada tanah yang kering agar membuatnya lebih mudah bagi bibit yang halus untuk muncul. Beri air secara perlahan untuk menghindari benih tergenang air. Jaga tanah terus menerus lembab untuk menghasilkan perkecambahan terbaik. Beri jarak terpisah antar bibit karena bibit wortel yang terlalu dekat posisi tanamnya akan menghasilkan akar wortel yang bengkok. Saat bibit mengembang, secara bertahap terapkan mulsa untuk mempertahankan tingkat kelembaban yang lebih dan mengurangi masalah gulma.

Jangan pernah membiarkan tanaman wortel yang masih muda mengering. Namun jika tanah mengering sepenuhnya, lakukan pengairan secara bertahap pada tempat tanam selama beberapa hari. Karena dengan membasahi area tanam secara tiba – tiba dapat menyebabkan akar wortel tumbuh terbelah alias cacat. Akar pengumpan wortel mudah rusak sehingga lakukan dengan tangan saat menarik gulma yang tumbuh melalui mulsa atau potong mulsa yang terjangkiti gulma tepat di bawah permukaan tanah. Tutupi mahkota wortel yang merupakan faktor pendorong masa panen dengan mulsa atau tanah untuk mencegah mereka berubah menjadi hijau atau menjadi pahit.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di alam dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s