9 Fakta Unik Keringat

keringat

Sebagai makhluk hidup kita manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya keringat. Keringat kita memiliki beberapa fakta unik yang mungkin penting untuk kita ketahui, yuk cus kita simak sembilan fakta unik keringat manusia berikut ini :

1. Keringat datang dari tempat yang berbeda. Ada dua jenis utama dari kelenjar keringat pada manusia, ditambah satu lagi yang merupakan hibrida dari dua jenis tersebut. Yang pertama, kelenjar apokrin tidak berkembang sampai Anda mengalami pubertas dan hanya terjadi di daerah berbulu seperti ketiak serta alat kelamin seseorang. Yang kedua, kelenjar ekrin adalah kelenjar utama pada manusia. Mereka melakukan sebagian besar kegiatan berkeringat termal pada tubuh Anda. Perbedaan inilah penyebab mengapa daerah berbulu ada juga di daerah genital pada manusia untuk mengurangi bau keringat selain untuk menahan jumlah keringat yang mengucur di kulit. Keringat yang dihasilkan di daerah ini berasal dari kelenjar apokrin, bukan kelenjar ekrin secara lebih umum. Kelenjar memproduksi lebih dari sejumlah lipid dan asam lemak yang sangat disukai oleh bakteri. Itu sebabnya ketiak Anda dan pakaian dalam menghasilkan bagian terbesar dari bau badan.

2. Berkeringat mungkin jarang dianggap malah bisa mendinginkan tubuh Anda. Mekanisme mendinginkan tubuh Anda terjadi ketika Anda berkeringat namun tidak keringat sendiri, tapi akibat penguapan keringat tersebut. Proses ini disebut sebagai pendinginan evaporative dan hal itu terjadi karena penguapan air merupakan reaksi endotermik yang berarti keringat Anda menghilangkan panas dari udara di sekitar kulit untuk menyelesaikan penguapan sehingga proses pendinginan udara langsung bersentuhan dengan tubuh.

3. Kepadatan kelenjar keringat tertinggi ditemukan pada telapak tangan Anda dan telapak kaki Anda. Beberapa ilmuwan percaya bahwa keringat di daerah-daerah tersebut yaitu tangan dan kaki dipicu oleh rasa takut, cemas dan meningkatkan traksi pada kaki dan tangan (untuk hewan) yang memungkinkan hewan untuk melarikan diri lebih cepat. Ini bisa menjadi penyebab mengapa berkeringat secara emosional pada manusia membuat manusia tersebut umumnya tubuhnya di bagian tangan dan kaki lebih menonjol.

4. Keringat Anda memberi makan seluruh koloni bakteri yang hidup dan berkembangbiak di tubuh Anda. Ternyata keringat adalah makanan yang lezat untuk sejumlah bakteri yang mengkhususkan diri dalam mengolah lipid dan asam lemak yang ditemukan dalam beberapa jenis keringat manusia. Bakteri ini terdiri dari beberapa jenis seperti spesies Propionibacterium, Staphylococcus dan Corynebacterium.

5. Selain manusia, sangat sedikit hewan yang benar-benar menggunakan keringat untuk menjaga tubuh mereka dari suhu yang dingin. Banyak mamalia yang mengeluarkan keringat, tetapi hanya manusia, beberapa primata, unta, keledai, kerbau, kuda dan sapi yang melakukannya untuk menghangatkan diri mereka sendiri. Menggunakan potensi lainnya untuk keringat yaitu penghapusan racun, untuk pelicin pada telapak tangan dan kaki dan penyebaran feromon.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di fakta menarik, kesehatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s