Misteri Hewan Bisa Bermimpi

kucing tidur

Para ilmuwan telah melakukan penelitian dengan melihat lebih dekat pada beberapa hewan mulai dari anjing, kucing, gajah, tikus dan lain-lain untuk mengetahui apa yang terjadi selama memejamkan mata mereka.

1. Tes Tikus Tertidur Setelah Makan
Bagi kita manusia, hewan pasti juga tertidur dan bermimpi, tetapiĀ  hal itu memang tampaknya sangat mungkin bagi para peneliti. Penelitian telah menemukan bahwa ketika tikus dilaboratorium ditunjukkan makanan dan kemudian tikus tersebut memejamkan mata atau tidur, sel-sel tertentu di otak mereka tampaknya memetakan bagaimana caranya untuk sampai ke makanan. Seolah tikus tersebut mencari jalan mereka untuk mendapatkan semacam reward dalam hidupnya berupa makanan. Pada manusia, fase bermimpi terjadi selama terjadinya gerakan cepat kedua mata atau tidur yang kebanyakan mamalia juga mengalami. Jadi dari peneletian tersebut menjadi masuk akal bila diduga bahwa hewan memiliki sesuatu seperti apa yang kita sebut sebagai mimpi

2. Tes Tikus Tertidur Dalam Labirin
Dalam penelitian tentang tidur empat belas tahun yang lalu, para ilmuwan syaraf telah membandingkan pola otak tikus yang berjalan melalui labirin dengan pola otak mereka selama tidur sesudahnya. Para ilmuwan yaitu Kennway Louie dan Michel Wilson, menemukan pola otak yang sangat mirip seolah mereka tahu bagian dari labirin yang tikus lalui saat bermimpi. Studi tersebut cocok dengan gagasan lama bahwa ruang fisik, seperti labirin dapat dikodekan ke dalam memori jangka panjang otak selama proses tidur terjadi.

3. Tes Pada Otak Kucing
Pada tahun enam puluhan, ahli saraf terkemuka asal Perancis yaitu Michael Jouveit dan timnya menganalisa otak kucing dengan menonaktifkan mekanisme yang menghambat gerakan selama memejamkan mata atau tidur. Kucing bila saat tidur mengangkat kepala mereka, hal itu menunjukkan mereka sedang menyaksikan benda aneh atau gaib bagi mereka, sedangkan saat kucing melengkungkan punggung mereka, hal itu berarti dalam mimpi ia sedang mengejar mangsanya atau melakukan serangkaian perkelahian dengan hewan lain. Semua perilaku ini menunjukkan bahwa kucing melihat gambaran tertentu selama tidur, namun belum bisa dipastikan mereka bermimpi seperti gambaran mimpi manusia atau tidak.

4. Cumi-cumi Berubah Warna Saat Tidur
Masih ada lagi hewan yang menunjukan gerakan REM atau tertidur diselangi dengan perubahan tubuh misalnya cumi-cumi menunjukkan keadaan atau posisi tidur disertai dengan perubahan warna tak beraturan, tubuh berkedut dan gerakan mata yang sangat cepat mirip dengan tidur bagi manusia.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di fakta menarik dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s