13 Penyemangat Saat Alami Stres Depresi

20 tips mengatasi stres depresi

Stres dan depresi adalah masalah yang tidak akan jauh saat kita masih hidup. Bangkit dari stres dan depresi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah penyemangat hidup. Yukcus kita simak tiga belas penyemangat saat stres dan depresi berikut ini:

1. Mana ada yang mau sama Kamu.
Ketika Kamu mengalami stres dan depresi, tanpa sadar Kamu bisa saja menghindari kehidupan sosial sekitar untuk mempertahankan diri. Perdebatan batin antara membuka diri atau menutup rapat pintu hati selalu terjadi. Gengsi alias harga diri membuat Kamu selalu menebak-nebak buah manggis apakah persahabatan dan hubungan sosial bisa nyaman atau tidak. Akan selalu ada orang yang mau menerima kita apa adanya, bukan mereka yang melihat kita hanya karena “sesuatu” di luar kita sendiri entah materi, popularitas, koneksi, jabatan dan sebagainya.

2. Mereka menilai Kamu salah.
Setiap orang dengan masalah stres dan depresi seringkali harus menyembunyikan diri dari dirinya sendiri. Hal ini akibat penilaian orang – orang tentang Kamu yang menurut Kamu salah. Tapi di satu sisi Kamu juga tidak bisa atau tidak sempat memberikan penjelasan tentang kesalahan penilaian orang – orang tersebut tentang Kamu karena satu dan lain hal. Kamu bisa mengatasi kondisi stres dan depresi tersebut dengan curhat bersama seseorang yang mau mendengarkan Kamu tanpa menilai atau menghakimi Kamu, mulai dari sahabat, kerabat atau psikiater. Pilih seseorang yang Kamu tidak perlu takut dalam membeberkan siapa jati diri Kamu sebenarnya.

3. Usahamu sudah terlalu banyak.
Hanya karena omongan tersebut banyak orang mengibarkan bendera putih alias menyerah untuk menjadi sesuatu yang lebih baik. Hey usahamu sudah banyak tuh tapi mana hasilnya gitu – gitu aja, tak jarang kita mendengar celotehan seperti ini kepada kita. Sakit untuk didengar, seolah usaha yang tidak membuahkan hasil juga bahkan tidak dihargai orang sama sekali proses pencapaiannya. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk mendapatkan kondisi yang lebih baik karena kehidupan yang baik tidak terjadi hanya dalam waktu semalam. Kamu mungkin perlu konsultasi dengan psikiater untuk mengatasinya, sekedar untuk memberikan gambaran normal sudut pandang orang ketiga yang netral tentang Kamu dan usaha yang kamu lakukan.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di kesehatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s