Alasan Ilmiah Kenapa Kopi Bikin Melek

kopi
Bukan rahasia lagi bila dengan meminum kopi sebelum tidur dapat membuat Anda terjaga cukup lama. Tapi sekarang para ilmuwan telah membongkar kenapa kopi bisa dengan mudahnya membuat sebagian besar orang terjaga setelah meminumnya. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi yang kuat di malam hari membuat tubuh Anda berpikir bahwa saat itu adalah sekitar satu jam lebih awal daripada waktu yang sebenarnya sedang terjadi di dalam tubuh Anda.

1. Kadar Kafein Kopi
Sekitar dua ratus miligram kafein dalam kopi yang ditemukan dalam beberapa merek kopi akan memperlambat jadwal jam tubuh Anda sedemikian rupa sehingga otak Anda bekerja dengan zona waktu yang terlambat bagi tubuh Anda. Walaupun terdengar aneh namun hal ini tidak mengherankan karena diperlukan waktu lebih lama untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Dan juga hal tersebut membuat lebih sulit untuk bangun di pagi hari layaknya aktifitas manusia pada umumnya.

2. Penelitian di Inggris dan Amerika
Penelitian tentang kopi di Inggris dan AS menghasilkan saran yang kuat untuk menghindari kafein di malam hari entah dalam bentuk kopi ataupun yang lain. Hal ini juga menunjukkan bahwa stimulan yang terdapat dalam kafein bahkan bisa digunakan untuk mengobati mabuk laut dan pesawat terbang. Untuk melakukan penelitian mendalam tentang efek kafein pada tubuh, sekelompok pria dan wanita di karantina di laboratorium selama tujuh minggu. Beberapa malam mereka diberikan pil kafein sebelum tidur. Dan pada malam-malam lainnya mereka mengambil obat palsu yang dibuat seolah mirip dengan pil kafein. Jumlah cahaya matahari yang mereka dapatkan juga dipantau selama satu minggu tersebut. Pil kafein tersebut mengandung dua ratus miligram zat kafein. Sedangkan secangkir kopi instan mengandung sekitar seratus miligram zat kafein dan secangkir teh memiliki kandungan sekitar separuh dari zat kafein secangkir kopi. Namun penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa banyak minuman di kafe kopi di Inggris yang lebih besar zat kafeinnya.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di kesehatan, makanan minuman dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s