Tangan Robot, Tunadaksa Kembali Bisa “Merasa”

tangan robot bionic

Masih ingatkah Anda dengan salah satu adegan film Star Wars dimana Luke Skywalker kehilangan tangannya dan di ganti dengan tangan yang baru oleh dokter robotik? Hal itu nyata sekarang dan bukan hanya didalam film. Ilmuwan yang bekerja sama dengan DARPA telah mengembangkan lengan robot yang bisa membantu para tunadaksa tidak sekedar hanya memiliki lengan dan tangan tapi juga merasakan sensasi sentuhan layaknya tangan biasa yang dikontrol oleh otak. Bahkan dengan mata tertutup, sang pengguna bisa merasakan berapa jumlah sentuhan yang mereka rasakan pada jari tangan mereka.

1. Tangan Robot Secara Ilmiah
Hal ini memungkinkan seseorang yang lumpuh untuk kembali merasakan sensasi organ tubuh yang lama hilang akibat cacat maupun amputasi akibat masalah kesehatan dan aktifitas tertentu misalkan perang militer. Penelitian tangan robot bionic tersebut berbasis sebuah array kecil elektroda yang ditanamkan ke bagian sensorik dari otak pengguna. Sensor gaya buatan yang di prostesis lalu mengirim sinyal listrik kecil untuk elektroda. Tujuannya untuk membuat sebuah lengan palsu yang tidak hanya dapat mengembalikan gerakan si pengguna tetapi juga rasa atau feel seseorang dari sentuhan telah dikembangkan oleh dunia kemiliteran Amerika. Seolah kini para ilmuwan mencoba menghadirkan sesuatu yang nyata dari dunia impian layaknya film. Sensor gaya di tangan robotik akan memberikan umpan balik yang diubah menjadi sinyal listrik kecil dan ditransmisikan ke dalam syaraf otak pengguna tangan robot bionic. Elektroda juga dapat mendeteksi sinyal listrik yang terpapar dari otaknya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk tidak hanya sekedar mengontrol gerakan tangan tetapi untuk merasakan sensasi jari – jari ditangan robot bionic.

2. University of Miami dan DARPA
Teknologi ini telah dikembangkan oleh para peneliti syaraf dan mekanik di University of Miami dan Defense Advanced Research Projects Agency Amerika alias DARPA. DARPA memang dikenal sudah lama mengembangkan tangan robot bionic sejak sembilan tahun yang lalu. Para peneliti Universitas Miami dan DARPA menggunakan teknologi canggih yang menerjemahkan kekuatan tangan dengan cara menerapkan ujung jari tangan robot yaitu sinyal listrik yang dapat digunakan untuk merangsang langsung neuron sensorik di otak si pengguna tangan robot bionic.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di gaya hidup, tekno dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s