Penjelasan Kenapa Penciuman Anjing Tajam

anjing pelacak

Saking tajamnya penciuman anjing, bahkan mereka digunakan sebagai hewan pelacak institusi keamanan di hampir semua negara di dunia. Uniknya, Anda mungkin berpikir bahwa seekor anjing akan menggunakan hidung sebagai indera penciumannya untuk mengendus benda yang hilang atau lama tersimpan dan terkubur di suatu tempat. Namun tahukah Anda bahwa ada fakta lain dibalik mengapa penciuman anjing terhadap sesuatu sangat kuat bahkan bisa mencium aroma bau sejauh puluhan kilometer. Apakah fakta menarik tersebut? Yuk cus kita simak faktanya di bawah ini :

1. Bukan Hidung
Seekor anjing ternyata bergantung lebih banyak pada memori daripada hidung untuk menemukan sesuatu hal yang tersembunyi bagi mereka menurut penelitian terbaru. Penemuan itu dilakukan oleh para ilmuwan Amerika yang menganalisis hasil dari permainan yang dimainkan oleh lebih dari lima ratus anjing peliharaan dari seluruh dunia.

2. Tes Uji Coba Gelas
Setiap anjing menyaksikan pemiliknya menempatkan beberapa gelas terbalik di depan mereka yang lalu ditempatkan secara berbeda yaitu objek makanan pada satu gelas. Lalu kedua mata anjing itu kemudian ditutup dan objek makanan dipindahkan ke gelas yang lain. Ketika mata anjing tersebut dibuka dan bisa melihat lagi, mereka dihadapkan pada beberapa gelas yang terbalik dan tertutup.

3. Hasil Uji Coba Gelas
Jika anjing itu menggunakan indra penciuman mereka untuk menemukan makanan maka seharusnya mereka akan menuju gelas yang benar. Namun secara mengejutkan, sebagian besar anjing melakukan kesalahan. Sebagian besar anjing hanya berlari ke arah dimana mereka terakhir melihat makanan. Peneliti Dr. Evan McLean dari University of Duke North Carolina mengungkapkan bahwa kebanyakan orang selama ini berpikir jika anjing mereka menggunakan hidung sebagai indra penciuman mereka untuk melakukan aktifitas pencarian suatu benda. Padahal sebenarnya seeekor anjing tidak hanya hidung sebagai indra penciuman tetapi juga akan menggunakan berbagai macam indera mereka ketika ingin memecahkan suatu masalah misalkan pencarian benda dan orang.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di fakta menarik dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s