Menang Nobel Gara – Gara Telur

penghargaan hadiah nobel

Ada – ada saja keunikan yang mewarnai sejarah penghargaan nobel di dunia ini. Ada seorang Professor yang memenangkan hadiah nobel hanya dengan telur. Hal ini mungkin tidak terdengar seperti hadiah – hadiah dan penghargaan nobel yang populer dari segi prestasi ilmiah. Tapi seorang ilmuwan asal negeri kangguru Australia telah dianugerahi Ig Nobel yaitu Profesor Colin karena berhasil menciptakan cara untuk membuat telur rebus kembali menjadi mentah. Profesor di bidang kimia yang bernama lengkap Colin Raston dari Universitas Flinders di Adelaide ini membangun sebuah mesin yang dapat menguraikan protein. Dia bereksperimen dengan telur yang sudah direbus lalu dimasukkan ke dalam mesin dan telur tersebut kembali dalam keadaan mentah.

1. Mesin Unboil Telur
Mesin yang disebut juga dengan nama perangkat fluidic vortex ini bekerja dengan mendata protein dalam putih telur untuk dibuat kembali ke dalam keadaan alami telur tersebut. Kerennya, pusaran sentrifugal perangkat fluidic ini menyebabkan protein untuk lebih tenang pergerakannya dan melipat serta terikat kembali secara normal dengan berputarnya materi dalam cairan dalam tabung yang berputar secara cepat sehingga dapat terkumpul pada sudut yang berbeda. Dan kecepatan rotasi dapat bervariasi. Hal ini disebut-sebut sebagai rintisan kuat untuk menciptakan mesin futuristik selanjutnya yang berbidang lain misalkan sebagai pengiriman target obat kemoterapi untuk pengobatan di bidang kanker.

2. Bisa Dipakai di Bidang Bahan Bakar, Kesehatan dan Makanan
Profesor Raston mengatakan bahwa semua ilmuwan ingin melakukan sesuatu yang signifikan yang dapat memberi manfaat nyata bagi kehidupan manusia namun keberhasilan mementahkan telur yang sudah matang ini adalah sesuatu yang nyata tapi juga unik. Sebagai contoh dalam dunia farmasi, untuk keperluan suplai protein saja membutuhkan dana luar biasa besar karena protein yang memiliki harga yang cukup mahal dan cukup sentral untuk keperluan dunia kesehatan. Bahkan tidak hanya dunia kesehatan tetapi mesin ini juga akan sangat bermanfaat untuk industri bahan bakar dan makanan akibat kemampuannya mengurai protein.

next yukcus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di fakta menarik, tekno dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s