7 Skandal Artis Korea Yang Sebabkan Saham Turun

Keberlangsungan beberapa industri di sebuah negara agar tetap bisa berjalan salah satu penentunya adalah pasar saham. Di negara Korea Selatan, industri hiburannya sangat berkembang pesat, dan tentunya saham lagi-lagi menjadi salah satu tolak ukur terbesar bagi industri tersebut. Saham sendiri adalah nilai atau ukuran tertentu yang dipakai sebagai acuan dari materi finansial yang ujung-ujungnya dijadikan parameter akan kepemilikan terhadap sebuah perusahaan. Modal tersebutlah yang dijadikan bahan jual beli kepada publik dengan tujuan untuk mengembangkan perusahaan. Namun kekurangannya bagi industri showbiz Korea Selatan adalah segala hal yang dilakukan oleh para artis di perusahaan mereka akan berakibat langsung pada saham perusahaan. Positif berakibat positif dan begitu pula sebaliknya. Isu-isu negatif yang muncul akan memberikan efek luar biasa besar pada  perusahaan atau agensi yang dinaungi. Apalagi bila isu miring yang berhembus diawali oleh skandal atau gosip tak sedap dari para artisnya. Berikut terdapat beberapa artis yang tercatat pernah mengguncang saham perusahaan dengan berita yang menggemparkan. Lantas siapa sajakah mereka?. Yuk cus kita simak tujuh skandal artis Korea yang sebabkan saham turun berikut ini :

1. Aktris Jessica Jung/ex personil grup girlband SNSD
Di awal karirnya, Jessica bisa dibilang adalah salah satu artis kesayangan SM Entertainment. Sebuah perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan yang sudah eksis lebih dari dua puluh tahun silam. Tergabung dalam grup idola KPOP SNSD alias Girls’ Generation, Jessica bersama delapan personil lainnya mencetak rekor sukses yang tak sedikit. Sayangnya kesuksesan tersebut tak bisa dilanjutkan lagi paska ia harus hengkang setelah enam tahun meniti karir bersama SNSD. Kepergian Jessica yang menghebohkan publik kala itu membuat isu dan gosip tak bertuan berdatangan silih berganti.

Meski dari luar, grup girlband beranggotakan gadis-gadis cantik ini tampak tak begitu mengalami dampak signifikan namun justru agensi manajemen artis mereka lah yang terguncang hebat. Seperti diketahui, saham SM Entertainment mengalami fluktuasi (naik turun) yang cukup hebat. Sebelum kabar Jessica hengkang dari SNSD, sesungguhnya saham SM Entertainment sudah melemah. Disaat saham SM Entertainment mulai bangkit, berita perginya Jessica membuat saham SM Entertainment semakin terjun bebas. Harga saham yang tadinya berkisar sekitar tiga puluh enam dollar Amerika, jatuh ke angka tiga puluh tiga dollar Amerika. Setelah kondisi saham SM Entertainment pulih, total kerugian yang ditaksir mencapai angka enam puluh juta dollar Amerika.

2. Aktor/penyanyi Park Jin Young
Selain populer sebagai aktor dan juga penyanyi, Park Jin Young juga terkenal sebagai bos salah satu perusahaan agensi manajemen artis Korea Selatan yaitu JYP Entertainment. Sebagai bos atau pemilik perusahaan kenamaan tersebut, tentu JYP (sapaan Park Jin Young) terlibat langsung dengan pengelolaan saham perusahaan. Masalah serius datang menghantam ketika JYP terlibat skandal secara tidak langsung dengan anggota keluarganya sendiri. Cerita bermula saat pada pertengahan tahun 2014 terjadi insiden karamnya kapal feri Sewol. Belakangan diketahui bahwa kapal tersebut merupakan milik paman dari istri JYP. Rumor bahwa korupsi menyelimuti kasus tenggelamnya kapal tersebut membuat JYP terkena imbasnya juga. Meski JYP secara tegas menolak tudingan yang sempat diarahkan kepadanya bahwa ia juga terlibat kasus korupsi tersebut namun tampaknya publik yang terlanjur termakan isu dan gosip tak begitu saja percaya. Saham perusahaan JYP turun anjlok karena berita tersebut. Yang tadinya harga saham JYP Entertainment senilai lima dollar Amerika turun sampai ke kisaran tiga dollar Amerika.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di korea dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s